Virgin Coconut Oil untuk Rambut Khasiat minyak kelapa untuk rambut, Coconut Oil merupakan salah satu bahan alami yang memiliki sejumlah manfaat. Tak hanya bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit, manfaat minyak kelapa untuk rambut nyatanya tidak bisa dianggap remeh. Apa sajakah itu?

virgin coconut oil untuk rambut

Sederet Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Rambut

Dalam kegunaan cara membuat minyak kelapa mengandung rantai asam lemak yang dikenal sebagai asam laurat. Zat ini dipercaya dapat meluruskan, melembutkan, dan melembabkan rambut. Faktanya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa coconut oil adalah minyak mineral terbaik untuk rambut. Pasalnya, mineral oil jenis ini dapat mengembalikan protein keratin yang hilang dan menjaga kesehatan rambut, baik dioleskan sebelum maupun sesudah keramas. Protein keratin sangat penting untuk kesehatan rambut. Berikut manfaat lengkap minyak kelapa untuk rambut:

1.  Virgin Coconut Oil untuk Rambut dalam Melembabkanya dan juga melembabkan kulit kepala

Salah satu manfaat minyak kelapa untuk rambut adalah melembabkan rambut dan kulit kepala. Ya, hasil studi menunjukkan bahwa minyak kelapa memiliki kemampuan menembus batang rambut.

Kemampuan penyerapan yang maksimal ini dapat mengembalikan protein yang hilang dan merawat rambut yang sebelumnya kering dan rusak sehingga tampak lebih sehat.

2.  Virgin Coconut Oil untuk Rambut dalam Mencegahnya Menjadi Kusut

Oleskan minyak kelapa untuk mencegah rambut kusut. Pernahkah Anda tiba-tiba merasa rambut kusut dan susah diatur, apalagi saat cuaca sedang lembap? Nah, sebagai solusinya, Anda bisa mengoleskan minyak kelapa.

Minyak kelapa dapat menembus batang rambut, membuat rambut Anda terasa lebih lembut dan sehat. Karena itu, cobalah mengoleskan 1-2 tetes minyak kelapa ke rambut Anda sebelum bepergian ke luar saat cuaca lembap.

3.  Virgin Coconut Oil untuk Rambut dalam Mencegah Kerusakan Rambut

Paparan sinar matahari dan polusi dapat menyebabkan kerusakan rambut. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2015 menyebutkan bahwa penggunaan minyak kelapa dapat melindungi rambut dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, polusi, air, dan penggunaan produk penataan rambut tertentu. Tidak diragukan lagi bahwa kebanyakan orang yang memiliki rambut kering dan rusak akibat menggunakan produk penata rambut tertentu merasa rambut mereka lebih sehat setelah menggunakan minyak kelapa.

4.  Virgin Coconut Oil untuk Rambut dalam Memanjangkanya
Minyak kelapa dipercaya dapat mempertebal rambut. Manfaat minyak kelapa untuk rambut selanjutnya adalah membuat rambut lebih panjang. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan tikus sebagai hewan percobaan, minyak kelapa ditemukan dapat menumbuhkan dan menebalkan rambut secara efektif.

virgin coconut oil untuk rambut

5.  Virgin Coconut Oil untuk Rambut dalam Mengurangi Rambut yang Rontok

Beberapa wanita mungkin gemar melakukan perawatan rambut. Salah satunya adalah rambut rontok. Namun perlu diingat bahwa perawatan rambut yang berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan pada batang rambut. Dalam kondisi ekstrim, kerusakan batang rambut bisa menyebabkan rambut rontok. Nah, menggunakan minyak kelapa bisa membantu mengurangi kerontokan rambut dan menjaganya tetap sehat.

6.  Virgin Coconut Oil untuk Rambut dalam Mengatasi ketombe

Minyak kelapa memiliki sifat antimikroba dan antijamur yang diklaim dapat digunakan untuk mengatasi ketombe yang disebabkan oleh jamur di kulit kepala. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk membuktikan manfaat minyak kelapa untuk menghilangkan ketombe secara alami.

7.  Virgin Coconut Oil untuk Rambut dalam Membuat Rambut Lebih Kelihatan Berkilau

Seperti kebanyakan jenis minyak pada umumnya, minyak kelapa dapat membuat rambut lebih berkilau dan terlihat lembut. Oleh karena itu, sebagian orang yang memiliki rambut kering bisa menggunakan minyak kelapa sebagai serum untuk membuat rambut terlihat lebih sehat.

8.  Virgin Coconut Oil untuk Rambut dalam Mencegah Kutu Rambut

Semprotkan campuran minyak kelapa dan adas manis untuk mengobati kutu rambut. Manfaat lain minyak kelapa untuk kesehatan rambut adalah mencegah kutu rambut. Manfaat yang satu ini bisa didapatkan dengan cara mencampurkan minyak kelapa dan adas manis, lalu disemprotkan ke permukaan kulit kepala.

Sebuah penelitian menemukan bahwa langkah ini dipercaya 40% lebih efektif dalam mengobati kutu rambut dibandingkan dengan penggunaan obat-obatan yang mengandung permethrin. Berbagai cara mendapatkan manfaat minyak kelapa untuk kesehatan rambut. Anda bisa menggunakan minyak kelapa untuk rambut sebagai kondisioner

virgin coconut oil untuk rambut

Ada Berbagai Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Rambut dalam Kesehatan Pada Rambut

Khasiat minyak kelapa untuk rambut. Bagi anda yang tertarik untuk memanfaatkannya, ada beberapa cara mendapatkan manfaat minyak kelapa untuk kesehatan rambut yaitu:

1. Sebagai kondisioner rambut

Salah satu cara mendapatkan manfaat minyak kelapa untuk kesehatan rambut adalah dengan memanfaatkannya sebagai kondisioner. Untuk melakukan ini, basahi rambut Anda dan gunakan sampo sesuai jenis rambut Anda seperti biasa. Bilas dengan air, lalu oleskan minyak kelapa ke bagian tengah helai hingga ujung rambut sebagai kondisioner.

2. Setelah keramas

Anda juga bisa mendapatkan manfaat minyak kelapa untuk kesehatan rambut setelah keramas. Caranya, oleskan minyak kelapa ke helai tengah hingga ujung rambut sambil menyisir rambut.

3. Sebelum keramas

Anda bisa menggunakan minyak kelapa sebelum keramas. Oleskan minyak kelapa pada helaian rambut, terutama batang hingga ujungnya, sebelum mencuci rambut.

4. Sebagai masker rambut

Cara lain untuk mendapatkan manfaat minyak kelapa untuk kesehatan rambut adalah sebagai masker rambut alami. Cara menggunakan minyak kelapa sebagai masker rambut: gosokkan pada beberapa helai rambut dan diamkan selama beberapa jam (atau bahkan semalaman), lalu cuci rambut seperti biasa.

5. Perawatan kulit kepala

Sebelum tidur malam, oleskan minyak kelapa secukupnya pada kulit kepala sambil dipijat lembut. Biarkan semalaman, lalu keramas dengan air dan keramas keesokan paginya, yang dipercaya dapat menjaga kesehatan rambut.

Cara Menggunakan Virgin Coconut Oil untuk Rambut

Setelah mengetahui khasiat yang ditawarkan minyak kelapa untuk kecantikan rambut, kini saatnya Anda mencari tahu cara penggunaan minyak kelapa untuk rambut berikut ini:

virgin coconut oil untuk rambut

a. Tuang air hangat ke dalam mangkuk kecil.
b. Dalam gelas, tuangkan 2 sendok teh minyak kelapa. Pilih minyak kelapa murni, atau jika perlu gunakan minyak kelapa organik.
c. Tempatkan gelas berisi minyak kelapa ke dalam mangkuk berisi air hangat. Biarkan selama beberapa menit hingga minyak kelapa meleleh.
d. Oleskan minyak kelapa ke seluruh rambut dan kulit kepala Anda. Anda bisa menggunakannya saat rambut Anda kering atau basah. Jika Anda memiliki rambut berminyak, cukup oleskan minyak kelapa ke bagian tengah kulit kepala Anda.
e. Sisir dari akar hingga ujung rambut agar minyak kelapa bisa merata. Kuncir atau puntir rambut, lalu bungkus menggunakan penutup kepala.
f. Biarkan selama 30 menit atau biarkan semalaman. Setelah itu bilas rambut menggunakan sampo dan air hangat.

Efek Samping Penggunaan Minyak Kelapa Untuk Rambut

virgin coconut oil untuk rambut

Pada dasarnya penggunaan khasiat minyak kelapa untuk rambut aman dilakukan. Dengan demikian, kecil kemungkinannya akan ada efek samping yang signifikan. Namun, penggunaan minyak kelapa untuk rambut secara berlebihan dapat menyebabkan penumpukan minyak pada rambut dan kulit kepala. Akibatnya, rambut Anda menjadi berminyak dan tampak lepek, terutama jika Anda memiliki rambut yang sangat halus atau rontok.

Selain itu, meskipun kehilangan sekitar 500-100 helai rambut sehari adalah hal yang wajar, beberapa orang yang mengoleskan minyak kelapa ke rambut mereka melaporkan bahwa mereka mengalami lebih banyak kerontokan rambut setelah menggunakannya.

Untuk menghindari efek samping minyak kelapa untuk rambut, pastikan Anda menggunakannya. atau menggosoknya sedikit. Selain itu, penting untuk mengoleskan minyak kelapa dari tengah ke ujung rambut Anda. Bagi pemilik jenis rambut halus, sebaiknya hindari penggunaan minyak kelapa pada kulit kepala.

Lakukan langkah-langkah di atas sebagai cara menggunakan minyak kelapa untuk rambut. Jangan mengoleskan minyak ini jika terdapat luka di kepala karena bisa berisiko infeksi.

Jika rambut Anda masih bermasalah, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Penasaran ingin mencoba manfaat minyak kelapa untuk rambut? Anda bisa berkonsultasi ke dokter tentang aplikasi kesehatan keluarga Sehat.

Cara Membuat VCO

Bahan-bahan pembuatanya :

  • 2 btr Daging kelapa tua
  • Air matang hangat secukupnya, agak panasan dikit gapapa
  • Alat (pastikan semua bersih):
  • Blender/ parutan / alat pembuat minyak kelapa/VCO
  • Baskom
  • Wadah plastik tertutup
  • Plastik kantong dan karet gelang
  • Saringan
  • Corong
  • Tissue tanpa parfum/ kain saringan
  • Botol kaca
  • Tangan jg harus bersih

Langkah-langkahnya.

Cara1 : Daging kelapa dipotong kecil-kecil, masukan ke blender, tambahkan air matang secukupnya saja lalu blender sampai halus dan bersantan kemudian saring.

Cara 2 : Bisa juga dengan memarut kelapa lalu dicampur air dan remas”. Saring, atau bisa dilakukan untuk cara lebih mudahnya bisa menggunakan alat pembuat minyak kelapa/coconut oil

Cara 3 : Santan dimasukan ke kantong plastik. Tutup kantong plastik dengan diikat memakai karet. Diamkan kira” 1-2 jam.

Cara 4 : Setelah didiamkan akan terbentuk 2 lapisan. Bagian atas adlh santan kental dan yg dibawahnya adlh air.

Cara 5 : Angkat plastik dan lubangi sedikit salah satu sudut bawahnya. Biarkan air terbuang melalui lubang tsb. Segera tutup lubangnya bila bagian air sudah habis.

Cara 6 : Tuang bagian santan kentalnya kedalam wadah plastik bersih bertutup. Diamkan kira” 24 jam utk fermentasi.

Cara 7 : Setelah didiamkan akan muncul gelembung dipermukaan dan kemudian minyak mulai terpisah.

Cara 8 : Akan terbentuk 3 lapisan. Paling atas adlh minyak, dibawahnya adlh ampas santan(blondo) dan paling bawah adlh air. Minyak VCO berwarna bening jernih seperti air. Berbeda dgn minyak kelapa yg dimasak yg warnanya lebih keruh.

Cara 9 : Siapkan botol bersih yg dibagian atasnya diisi corong berlapis kain saringan atau tissue tanpa parfum. Sendok minyak perlahan lalu tuang kesaringan. Biarkan minyak menetes perlahan kedalam botol. Bagian ini bagi saya adlh bagian tersulit dari keseluruhan prosesnya? sabar dan hati”.

Cara 10 : Atau bisa juga dengan memasukan wadah plastik tsb ke kulkas selama 1-2 jam shg minyak akan membeku. Dgn cara ini minyak lebih mudah dikeluarkan. Ambil minyak bekunya, letakkan di wadah bersih pada suhu ruang. Tunggu hingga minyak cair lalu saring seperti cara diatas.

Cara 11 : VCO sudah siap utk dikonsumsi langsung, memasak ataupun untuk kosmetik spt pelembab wajah dan rambut jg body lotion. Minyak ini anti-comedogenic. Tingal pijat wajah dgn minyak ini lalu bersihkan dgn handuk. Mulussss 

Sekian Dari Kami Rerimakasih Dan Sampai Jumpa Lagi……